Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Hamil Setelah Dikuret

Kompas.com - 23/09/2011, 13:57 WIB

TANYA:

Dok pada tanggal 1 Mei kemarin saya keguguran saat usia kandungan saya 10 minggu, dan sampai sekarang saya belum hamil lagi. Banyak yang bilang pasca kuret, wanita jadi lama untuk hamil lagi. Apakah itu benar? Lalu apa yang harus saya lakukan agar cepat hamil kembali mengingat usia suami sudah 30 tahun. Terima kasih.   Feybe (21), Surabaya

JAWAB: Tindakan kuretase karena keguguran bila dilakukan dengan baik dan benar tidak akan menimbulkan efek samping. Indikatornya adalah haid yang kembali normal setelah tindakan kuretase. Bila haid sudah teratur maka ibu bisa segera hamil lagi. Jadi tidak benar karena kuret jadi lama hamilnya.

Untuk cepat hamil, ibu catat secara teratur masa subur dan usahakan berhubungan dengan suami pada masa subur tersebut. Kita pantau 3 bulan. Kalau pada masa tersebut belum terjadi kehamilan, silakan berkonsultasi dengan dokter kandungannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com