Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruam Kulit akibat Perhiasan

Kompas.com - 24/09/2011, 13:54 WIB

Kompas.com - Perhiasan merupakan sahabat wanita. Namun seringkali pelengkap penampilan ini justru menyebabkan reaksi alergi pada kulit, seperti gatal, ruam, hingga timbulnya borok.

Reaksi alergi yang timbul tersebut pada umumnya disebabkan karena nikel, mineral yang kerap dipakai dalam berbagai perhiasan dan asesoris, seperti jam, kacamata, hingga retsleting dan kancing baju, kontak langsung dengan kulit dalam waktu agak lama. Alergi ini diperkirakan diderita 10 persen populasi dan kebanyakan dialami wanita.

Pasien yang menderita eksim kulit lebih rentan menderita alergi nikel karena partikel nikel lebih mudah masuk ke pembuluh darah melalui permukaan kulit yang luka tersebut. Selain itu, partikel nikel yang kontak dengan luka terbuka bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif.

Reaksi alergi akibat partikel nikel terjadi karena sistem imun tubuh menganggapnya sebagai musuh yang harus diserang, seperti halnya kuman. Ketika "benda asing" ini kontak dengan kulit, tubuh bereaksi dan menyebabkan reaksi kulit.

Pencegahan utama alergi nikel adalah dengan menghindari benda-benda yang berbahan nikel. Namun Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan krim steroid di permukaan kulit yang akan berkontak dengan benda nikel tersebut. Cara ini bisa mencegah inflamasi kulit, namun tidak disarankan untuk dipakai dalam jangka panjang.

Anda juga bisa mengakalinya dengan cara melapisi perhiasan atau benda yang mengandung nikel dengan lapisan khusus sehingga tidak kontak langsung dengan kulit. Produk pelapis ini aman dan umumnya tidak merusak permukaan perhiasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com