Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas RTH dengan Lahan Kuburan?

Kompas.com - 26/09/2011, 15:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Tuntutan agar setiap daerah memiliki 30 persen ruang terbuka hijau sulit tercapai di Jakarta. Keterbatasan lahan dan mahalnya tanah membuat penyediaan ruang terbuka hijau sulit tercapai.

Saat ini, kondisi eksis ruang terbuka hijau (RTH) hanya 9,8 persen dari total luas Jakarta. Masih butuh lebih dari tiga kali lipat dari kondisi sekarang. "Untuk mencapai 30 persen, Jakarta butuh 200 kilometer persegi. Ini 200 kali lahan Monas. Bisa dikatakan ini impossible. Siapa yang mau berangkat dari Jakarta untuk memenuhi persyaratan ini?" ucap Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat menjadi pembicara dalam lokakarya "Perubahan Iklim dan Kota Hijau" di Kementerian Pekerjaan Umum.

Dalam salah satu sesi lokakarya yang diisi pemaparan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta Sarwo Handayani, kendala penyediaan ruang ini kembali dipaparkan.

Seorang peserta bernama Perangin-angin mengusulkan agar penambahan RTH Jakarta bisa menggunakan areal kuburan. "Jumlah orang yang meninggal semakin meningkat, lahan ikut meningkat. Jakarta bisa menanami kuburan ini dengan pohon-pohon besar tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk pembebasan lahan," ucap peserta itu.

Sarwo Handayani mengatakan, usul ini bagus dan menjadi masukan. Akan tetapi ia mengingatkan, penanaman di kuburan juga perlu dilakukan secara hati-hati. "Akar pohon-pohonnya itu bisa berantem dengan yang di bawah (tanah)," ucapnya disambut tawa peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com