Persiapan Inisiasi Menyusui Dini

Kompas.com - 28/09/2011, 08:48 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Saya saat ini sedang dalam masa kehamilan tujuh bulan.  Alhamdulillah kondisi kehamilan saya saat ini sehat.  Saya berharap, saat melahirkan nanti dapat melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan memberikan ASI eksklusif kepada bayi saya.  Yang ingin saya tanyakan, apa hal terpenting yang perlu dipersiapkan agar keinginan saya ini bisa terwujud, terutama untuk IMD? Apakah saya juga mengikuti terapi tertentu agar ASI saya lancar?  Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

(Amelia, 28, Bandung)


JAWAB :

Selamat atas kehamilannya ya bunda... Sungguh pertanyaan yang penting sekali bagi para ibu hamil untuk persiapan melahirkan. Dengan mengajukan pertanyaan ini sudah merupakan langkah yang baik Bunda :)

Langkah selanjutnya adalah mencari tenaga kesehatan yang bisa membantu proses persalinan yang tentunya dengan mengutamakan proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan tentunya bisa rawat gabung di kamar kelas apa pun. Hal ini penting untuk Bunda agar selama di fasilitas kesehatan, Bunda dan si Kecil bisa sama-sama 'berkenalan' dengan proses menyusui dan menyusu.

Jangan segan bertanya kepada pihak fasilitas dan tenaga kesehatan apakah mereka menjalankan program 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (10 LMKM) di tempat mereka, karena ini membuktikan komitmen dalam membantu ibu dan bayi untuk kesuksesan program ASI.

Jika ada sesi seperti penyuluhan atau kelas persiapan melahirkan di kota Bunda tinggal, tidak ada salahnya juga untuk mengikutinya. Libatkan pasangan dalam sesi ini karena dukungan ayah si Kecil akan sangat membantu. Hubungi konselor menyusui untuk berdiskusi seputar persiapan kelahiran dan catat no telpon yang konselor tersebut juga akan membantu jika nanti setelah melahirkan ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan.

Mencari dukungan dari sesama teman ibu-ibu menyusui juga akan membantu menyemangatinya. Dukungan seperti ini bisa diperoleh di sekitar rumah, lingkungan kerja atau bahkan di internet seperti mailing-list, forum atau grup di jejaring sosial.

Semoga kehamilannya sehat-sehat selalu untuk bunda dan juga si kecil ya... Semoga proses melahirkan kelak juga lancar dan dimudahkan.

Salam menyusui,

Nia Umar,

Konselor Menyusui, Wakil Ketua AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.