Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Dapur "U" untuk Ruang Makan Favorit

Kompas.com - 30/09/2011, 16:49 WIB

KOMPAS.com - Dapur dalam gaya hidup modern telah menyatukan fungsi memasak, makan, dan berkumpul. Bahkan, untuk dapur di lahan terbatas, penyatuan fungsi ini tetap mampu diwujudkan.

Sebagai salah satu inspirasi Anda, rancangan dapur "U" di ruang terbatas seperti pada gambar ini, misalnya, bisa dijadikan tempat memasak, sekaligus juga area makan. Dapur minimalis ini dapat diisi dengan ruang penyimpanan seperti kulkas, rak piring, area mencuci (cabinet sink), area memasak (kompor), dan meja makan.

Dapur "U" ini terlihat menarik dan interaktif karena pemakaian material pelapis furniturnya yang berserat ramai. Biasanya, pemakaian seperti ini dihindari, namun dengan tetap memakai material ini akan menghasilkan suasana yang lebih hidup. Hanya, pemilihan material tetap mempertimbangkan pemakaian warna-warna terang, seperti motif zebrano kuning-coklat muda.

Efek lapang pada dapur mungil ini bisa dilakukan dengan menempatkan cermin yang membelah batas kabinet bawah dan atas. Pemilihan top table warna hitam glossy berbahan granit ataupun top table lacquer finish glossy dapat memberikan tekanan pada area dapur. Hal ini supaya tidak berkesan monoton dan bisa berlaku sebagai penyeimbang material kayu berserat.

Sementara itu, kesan dinamisnya bisa dimunculkan dengan mengkombinasikan kabinet berpintu kaca atau rak terbuka pada kabinet atas. Untuk area makan, Anda bisa membuat meja sederhana dengan memanfaatkan sisi luar dapur "U" ini. Area makan ini memanfaatkan sisi yang membuatnya tetap menyatu. Maka, di sinilah acara makan dan berbincang bisa seiring jalan bersama.

Selamat mencoba!

(Yosephin Indriati/Desainer Interior)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com