Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teknik Menggendong Bayi

Kompas.com - 04/10/2011, 15:18 WIB

KOMPAS.com - Menjadi orangtua baru, tanpa dibantu pengasuh atau orangtua, boleh jadi membuat Anda grogi saat merawat bayi di usia 40 hari pertamanya. Termasuk saat menggendong tubuh mungil bayi.

Lakukan lima teknik menggendong bayi di usia 40 hari pertamanya ini.

1. Saat bayi telentang, masukkan tangan kiri atau kanan Anda ke kepala dan leher, barengi dengan menyisipkan tangan kanan atau kiri ke bagian bokong hingga punggungnya. Biarkan kedua tangan ibu dan ayah berada di sana untuk beberapa saat sebelum bayi diangkat.

2. Pastikan kedua tangan Anda menyangga seluruh badan bayi, khususnya bagian leher yang masih rawan. Setelah itu angkat bayi secara perlahan mendekat ke dada ibu atau ayah.

3. Letakkan kepala bayi di lipatan siku dengan satu tangan tetap menyentuh bokong hingga punggung. Sementara tangan lainnya memegang kepala dan leher. Posisi bokong bayi lebih rendah dari kepalanya.

4. Nah, kini bayi sudah berada dalam gendongan ibu atau ayah. Dekap ia dengan lembut penuh kasih sayang.

5. Selanjutnya, untuk meletakkan si kecil dari gendongan ke boks-nya atau tempat tidur, ini caranya:

* Posisikan satu tangan Anda di bokong bayi, sementara tangan lain menyangga kepala, leher, dan punggung bayi. Pastikan pegangan Anda kuat dan erat.

* Bungkukkan badan Anda ke arah boks atau tempat tidur, kemudian letakkan si kecil perlahan. Jangan langsung menarik kedua tangan Anda, tetapi biarkan dulu untuk beberapa saat hingga bayi merasa nyaman. Barulah kemudian tarik perlahan kedua tangan Anda dari tubuh bayi.

(Nakita/Zali)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com