Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Mual-Muntah yang Tak Normal

Kompas.com - 04/10/2011, 16:46 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Mual dan muntah memang merupakan kondisi umum pada ibu hamil. Namun, biasanya hal ini akan berlangsung pada trimester pertama dan terjadi pada pagi hari (morning sickness). Mual-muntah menjadi tak wajar lagi apabila kondisi ini terus dialami sepanjang kehamilan, bahkan sesudah melewati trimester pertama.

"Jika mual dan muntah ini dialami sepanjang hari dan sering, maka kondisi ini akan menjadi lebih serius. Ibu hamil dikhawatirkan mengalami hiperemesis gravidarum," ungkap dr Prima Progestian, SpOG, ahli kandungan dan kebidanan, saat talkshow "Jangan Biarkan Rasa Mual Menghalangi Asupan Nutrisi untuk Kehamilan Sehat", yang diadakan Anmum Materna di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu (2/10/2011).

Hiperemesis gravidarum (HG) merupakan suatu kondisi kehamilan ketika mual dan muntah yang dialami sangat tak wajar atau berlebihan. Sering kali, apa pun yang dikonsumsi ibu hamil akan dimuntahkan kembali sehingga tak mampu menerima makanan apa pun ke dalam tubuhnya.

"Namun dari 100 persen kehamilan, penderita HG ini antara 0,5-3 persen saja," tambah dr Prima.

Jika tak ditangani dengan serius, HG akan mengganggu aktivitas sehari-hari, menimbulkan rasa tidak nyaman dan lemas, serta pada kondisi yang serius dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Jika keadaan ini terjadi, sebaiknya Anda dirawat secara intensif di rumah sakit.

Menurut dr Prima, tanda-tanda mual muntah yang menjurus ke HG bisa dilihat sebagai berikut:

1. Berat badan ibu hamil menurun 2,5-5 kg atau lebih selama trimester pertama.
2. Tidak dapat menelan makanan atau minuman selama 24 jam. "Dalam artian, makan lalu muntah sehingga tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh," urai dr Prima.
3. Urine yang dikeluarkan ibu hamil memiliki warna kuning pekat. Kondisi ini juga bisa terjadi jika si ibu tidak buang air kecil selama 6 jam terakhir.
4. Frekuensi muntah terjadi sangat sering, bahkan bisa setiap jam atau lebih dalam sehari.
5. Merasakan mual yang sangat hebat sehingga sering muntah, terutama saat makan.

Baca juga:
Mual-Muntah yang Tak Wajar Saat Hamil
Ibu Hamil Tak Perlu Minum Susu Khusus Hamil
Minum Susu Kok Mual?
4 Alasan Anda Perlu Minum Susu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+