Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontrasepsi Hormonal Tak Cegah Infeksi HIV

Kompas.com - 08/10/2011, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Wanita yang menggunakan kontrasepsi hormonal - seperti pil KB atau suntikan berada pada risiko dua kali lipat terinfeksi HIV. Bahkan wanita pengguna kontrasepsi hormonal yang terinfeksi HIV juga berisiko menularkan virus HIV pada pasangan mereka yang tidak terinfeksi.

Riset tersebut dilakukan peneliti dari University of Washington dengan melibatkan hampir 3.800 pasangan pria-wanita di Afrika. Studi ini dipublikasikan dalam The Lancet Infectious Diseases.

Renee Heffron, peneliti yang bekerja pada International Clinical Research Center di UW menekankan pentingnya penggunaan kondom bagi pasangan meski sudah menggunakan kontrasepsi lain (pil KB dan suntik) untuk mencegah kehamilan dan infeksi HIV.

"Perempuan harus diberi konseling tentang pontensi risiko  meningkatnya penularan HIV dan transmisi dengan kontrasepsi hormonal terutama yang disuntik, dan tentang pentingnya perlindungan ganda dengan kondom untuk mengurangi risiko HIV," kata Heffron.

Sementara itu, Jared Baeten, profesor global health dan International Clinical Research Center, mengatakan temuan tersebut sebagai studi prospektif pertama yang menunjukkan adanya peningkatan risiko HIV pada pria dari pasangan mereka yang terinfeksi HIV pengguna kontrasepsi hormonal.

Menurutnya, lebih dari 140 juta wanita di seluruh dunia menggunakan kontrasepsi hormonal, termasuk pil oral harian dan suntikan.

"Manfaat penggunaan kontrasepsi hormonal harus seimbang dengan risiko infeksi HIV," kata Baeten.

Penelitian ini dirancang untuk menentukan apakah kontrasepsi hormonal dapat meningkatkan risiko wanita tertular HIV dan menularkan virus kepada pasangan pria mereka. Penelitian ini melibatkan 3.790 pasangan heteroseksual HIV serodiskordan (dimana satu pasangan terinfeksi HIV dan yang lainnya tidak) di tujuh negara Afrika yakni Botswana, Kenya, Rwanda, Afrika Selatan, Tanzania, Uganda , dan Zimbabwe).

Temuan menunjukkan bahwa penggunaan kontrasepsi hormonal dua kali lipat memungkinkan wanita yang belum terinfeksi HIV menjadi terinfeksi. Risiko juga terlihat meningkat pada mereka yang menggunakan injeksi dan kontrasepsi oral, meskipun secara statistik untuk kontrasepsi oral tidak terlihat signifikan.

Selain itu, perempuan yang HIV-positif pada awal penelitian dan menggunakan kontrasepsi hormonal dua kali lebih mungkin untuk menularkan virus kepada pasangan mereka ketimbang wanita yang tidak menggunakan kontrasepsi hormonal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com