Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Pertama, Pisahkan Ruang Publik dan Privat!

Kompas.com - 10/10/2011, 15:51 WIB

KOMPAS.com - Demi menghasilkan kenyamanan saat menata interior rumah, hal pertama patut Anda lakukan adalah memisahkan ruang publik dan ruang privat. Ruang yang diatur berdasar fungsinya, yaitu ruang publik atau privat, akan lebih jelas pemanfaatannya untuk apa dan oleh siapa.

Demikian menurut Keiza Amorani dalam bukunya 'Ide-ide Segar Menata Rumah' terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Keiza menjelaskan, yang dimaksud dengan ruang publik ialah ruang tamu, ruang duduk, ruang makan, dapur, dan foyer.

Karena sifatnya umum, ruang publik ini dapat diakses oleh siapapun. Untuk menampung kegiatan bersama di ruangan ini, sebaiknya memiliki ukuran yang cukup luas.

Untuk menata ruang publik, Anda dapat menerapkan beberapa langkah seperti menggunakan sekat antarruang non-permanen, menggabungkan ruang tamu dengan ruang duduk, langit-langit ruang minimum setinggi 3,5 meter agar terkesan luas, serta menggunakan warna terang pada dinding.

Bisa juga, Anda mengggunakan upholstery berwarna gelap dan menghindari bahan suede, memilih gaya desain simpel, juga meletakkan kaca besar di salah satu dinding untuk memperluas ruangan.

Sementara itu, ruang privat adalah ruang yang hanya dapat diakses oleh penghuni rumah. Misalnya, ruang tidur dan ruang kerja pribadi. Dalam ruang pribadi ini, Anda bebas melakukan eksperimen, yang penting Anda merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Nah, untuk mewujudkan kenyamanan tersebut, Anda bisa memilih jenis gaya atau desain favorit Anda. Kemudian, berilah sudut hobi di pojok ruangan untuk bersantai menggunakan tema warna yang dapat membangkitkan mood Anda. Lalu, olahlah dinding secara kreatif, misalnya menggunakan wallpaper dan berilah tema khusus untuk ruangan ini.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com