Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Lemari dan Dampaknya di Dapur Mungil

Kompas.com - 10/10/2011, 16:59 WIB

KOMPAS.com - Keberadaan furnitur seperti lemari dalam dapur di rumah mungil sangat pengaruhnya. Jika di rumah besar biasanya tinggi lemari atas bisa mencapai 90 senti meter, maka di rumah mungil tinggi lemari diteruskan hingga ke plafon. Apa dampaknya?

"Dapur akan kelihatan bersih dan pemilik rumah dapat ruang penyimpanan yang lebih banyak," ucap Dina Hartadi, Wakil Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) cabang Jakarta, kepada KOMPAS.com di Jakarta, Jumat (8/10/2011).

Selain itu, karena rumah kecil kerap kekurangan ruang penyimpanan, maka ruang kosong di bawah tangga bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan. Supaya rumah kecil pun terasa lapang, kita bisa menggunakan furnitur tanpa kaki alias menempel dengan posisi menggantung pada dinding.

"Contohnya sekarang, lagi tren kan, panel televisi, di bawahnya biasanya kan ada credenza untuk meletakkan audio system, itu bisa dibikin menggantung sehingga di bawahnya bisa kelihatan lebih luas lagi," sebut Dina.

Ia mengatakan, tips ini berlaku juga untuk lemari samping tempat tidur dengan kondisi semuanya tidak menutupi lantai. Untuk pintu lemari, khususnya lemari pakaian, ia juga menyarankan agar gaya buka pintunya berupa geser (sliding) agar bisa lebar membukanya. 

"Ini juga bisa untuk mengantisipasi terpentok dengan furnitur lain, seperti tempat tidur. Sementara bagian depan pintu lemari bisa dipasangi cermin," ujar Dina. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com