Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesiar Sungai Musi, Lalu Nikmati Pindang Patin

Kompas.com - 10/10/2011, 20:25 WIB
Adhika Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Walau tengah ribut-ribut soal pembangunan venue untuk pesta olahraga akbar Sea Games 2011, ajang ini akan segera diselenggarakan di Indonesia. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Jakarta dan Palembang.

Tentunya, kedua kota ini akan banyak dikunjungi oleh pengunjung Indonesia maupun dari negara-negara Asia Tenggara yang ingin menonton ajang olahraga itu.Di sela-sela pertandingan, para pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi objek wisata di kota tuan rumah, terutama Palembang. Apa saja jenis wisata yang bisa Anda temukan di Palembang?

Wisata Sungai Musi

Palembang mendapat sebutan Venice of The East. Alasannya karena terdapat Sungai Musi sepanjang 750 kilometer yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Sungai ini mempunyai keunikan tersendiri. Di sepanjang tepian sungai Anda bisa melihat gambaran masyarakat Palembang, ada pasar terapung, rumah makan terapung hingga pom bensin terapung.

Sungai Musi juga merupakan jalur transportasi perairan. Mulai dari perahu kecil hingga kapal wisata Putri Kembang Dadar yang setiap hari beroperasi, tersedia untuk membawa wisatawan mengarungi sungai.

Sepanjang Sungai Musi terdapat beberapa objek wisata yang wajib dikunjungi, misalnya Jembatan Ampera dengan panjang 1.177 meter yang dibangun megah di atas Sungai Musi pada tahun 1962. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan antara Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Benteng Kuto Besak yang terletak berdekatan dengan Jembatan Ampera. Benteng peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam ini merupakan satu-satunya benteng berdinding batu yang dibuat oleh orang Indonesia yang memenuhi syarat pertahanan dari serangan musuh.

Saat malam hari Anda bisa datang ke Kambang Iwak Family Park. Obyek wisata ini merupakan sebuah danau wisata yang memiliki air mancur yang tampak cantik saat malam hari.

River Cruise

Menyambut perayaan Sea Games 2011 yang diselenggarakan di kota Palembang, transportasi wisata sepanjang Sungai Musi akan ditambah. Biasanya wisatawan menikmati Sungai Musi dengan perahu kecil maupun Kapal Wisata Putri Kembang Dadar. Kapal ini baru saja diresmikan untuk menyambut Sea Games 2011.

Kali ini ada satu kapal wisata dengan fasilitas mewah yaitu Musi River Cruise Pelita Jaya Express 5. Kapal ini terdiri dari tiga tingkat, lantai bawah merupakan area permainan. Lantai dua terapat kursi penumpang, minibar, dan karaoke. Sementara lantai tiga terdapat ruang khusus VIP. Di sini para penumpang juga bisa menikmati pemandangan dari dek depan.

Beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi dengan kapal ini antara lain Pulau Kemaro di delta Sungai Musi, Benteng Kuto Besak, Rumah Rakit khas Palembang, dan Pasar 16 Ilir. Selain itu para penumpang kapal juga bisa menikmati pemandangan megahnya Jembatan Ampera dari kapal.

Wisata Religi

Anda juga bisa mengunjungi Pulau Kemaro, sebuah delta kecil di Sungai Musi yang terletak 6 kilometer dari Jembatan Ampera. Pulau ini tidak pernah banjir ataupun digenangi air walau Sungai Musi sedang pasang. Itu sebabnya pulau ini disebut Pulau Kemaro

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com