Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelari Maraton Melahirkan Setelah Lomba

Kompas.com - 11/10/2011, 08:46 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Amber Miller punya pengalaman tak terlupakan, Minggu (9/10/2011), tujuh jam setelah menyelesaikan Chicago Marathon. Ia melahirkan seorang bayi perempuan.

Menurut harian lokal, Daily Herald, edisi Senin, Miller (27) mendapat restu dokternya untuk ikut lomba maraton itu, yang merupakan lomba maraton kedelapan yang pernah diikutinya. Namun, dokternya mengajukan syarat, Miller menyelingi kegiatannya, berlari dan berjalan. Biarpun begitu, tak lama setelah menyelesaikan lomba dengan jarak 26,2 mil (41,9 kilometer) dalam waktu 6 jam 25 menit, perempuan itu merasakan bahwa sang jabang bayi bakal nongol.

Itu bukan maraton pertama yang diikuti Miller saat ia sedang hamil. Pada Mei, perempuan asal Westchester itu mengikuti Wisconsin Marathon dengan waktu 3:23:07 saat hamil 17 pekan. Pada 2009, ia mengikuti lomba Indianapolis Marathon dengan waktu 4:30:27 saat ia hamil 18 pekan. Belakangan ia melahirkan anak pertamanya, Caleb.

Pelari profesional tetap berlatih sewaktu hamil, tapi para dokter mengatakan, Miller itu langka. Ia hamil 38 pekan dan lima hari. Usia kehamilan penuh biasanya ditetapkan selama 40 pekan.

"Itu adalah hari paling panjang dalam hidup saya," kata Miller, yang usia kehamilannya memasuki 39 pekan. "Kami sangat gembira, tetapi sangat lelah. Beberapa menit setelah menyelesaikan lomba, kontraksi menjadi lebih kuat daripada normal dan saya mengerti apa yang sedang terjadi," katanya. "Ketika kontraksi makin sering terjadi, kami makan roti isi, lalu kami pergi ke rumah sakit," katanya.

Bayi baru Miller itu, yang merupakan anaknya yang kedua, berbobot 3,5 kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com