Kulit Kering Mudah Terinfeksi Bakteri

Kompas.com - 11/10/2011, 17:39 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Perempuan pasti mendambakan kulit yang mulus dan sehat. Namun, gaya hidup perempuan dikota-kota besar di Indonesia dan perubahan iklim cenderung mengganggu kondisi kesehatan dan kecantikan kulit dimana menurunkan kelembaban kulit, yang pada akhirnya membuat kulit lebih kering.

"Kulit kering harus dicegah. Pada kulit kering bakteri mudah masuk sehingga menyebabkan infeksi," kata Dr. Nadia Yusaryahya, spesialis kulit, saat Media Workshop Brand's Bird's Nest, Selasa, (11/10/2011).

Menurut Nadia, infeksi pada kulit bisa menyebabkan perkembangan penyakit seperti bisul dan invertigo. Selain karena kurangnya kandungan air pada epidermis dan dermis, penyebab kulit kering juga dipengaruhi efek lingkungan seperti paparan AC, perubahan iklim, polusi dan sinar ultraviolet.

"Infeksi bisa kuman bisa virus. Tapi kalau di Indonesia, paling banyak infeksi bakteri," katanya.

Ia menambahkan, pada orangtua, kulit lapisan epidermis dan dermis cenderung lebih tipis ketimbang kulit orang muda, sehingga lebih mudah kering. Oleh karena itu, untuk menjaga kadar air tetap terjaga, Nadia mengimbau agar tetap mencukupi kebutuhan air (8 gelas per hari) dan menjalankan gaya hidup sehat dengan rajin olahraga, hindari alkohol, rokok, dan stres.

"Pada kulit kering cirinya itu agak bersisik, cracking, dan mudah gatal. Kalau digaruk dan tangan tidak bersih, itu juga mempermudah masuknya kuman," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.