Rajin Makan Sayur Tekan Risiko Kena Sakit Jantung

Kompas.com - 14/10/2011, 12:57 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Faktor genetik menjadi salah satu faktor risiko dalam beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung. Dengan kata lain, jika seseorang memiliki riwayat ada anggota keluarganya yang pernah menderita sakit jantung maka ia juga berisiko menderita penyakit yang sama.

Namun, faktor risiko akibat garis keturunan itu bisa dikurangi dengan menjalankan gaya hidup yang sehat. Sebuah riset terbaru yang dipimpin oleh ilmuwan asal Universitas McMaster and McGill menemukan, gen penanda terkuat untuk penyakit jantung sebenarnya dapat dimodifikasi dengan mengonsumsi banyak buah dan sayuran mentah.

"Kita tahu bahwa varian genetik 9p21 meningkatkan risiko penyakit jantung bagi mereka yang membawanya. Ini adalah temuan yang mengejutkan bahwa diet yang sehat secara signifikan dapat melemahkan pengaruhnya," kata Dr Jamie Engert, peneliti utama penyakit kardiovaskular di Research Institute of the McGill University Health Centre (RI-MUHC), sekaligus anggota asosiasi di Departemen Genetika Manusia di McGill University.

Ini merupakan salah satu penelitian terbesar yang mengamati hubungan antara gen dan interaksi diet pada penyakit jantung, yang melibatkan lebih dari 27.000 orang dari lima etnis—Eropa, Asia Selatan, China, Amerika Latin, dan Arab—dan melihat pengaruh diet pada efek gen 9p21.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal PLoS Medicine menunjukkan bahwa individu dengan genotipe risiko tinggi yang mengonsumsi makanan sehat—terdiri dari sayuran mentah dan buah-buahan, risiko mereka untuk terkena serangan jantung sama dengan orang yang genotipe risiko rendah.

"Hasil penelitian ini mendukung rekomendasi yang ada selama ini untuk mengonsumsi lebih dari lima porsi buah atau sayuran sebagai cara untuk mempromosikan kesehatan yang baik," kata Sonia Anand, seorang peneliti di Population Health Research Institute dan juga profesor medicine and epidemiology di Michael G DeGroote School of Medicine di University McMaster.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.