Flu Burung Muncul di Flores Timur

Kompas.com - 24/10/2011, 09:04 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

LARANTUKA, KOMPAS.com — Kasus flu burung (avian influenza/AI) muncul di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Serangan penyakit itu diketahui setelah spesimen dari sejumlah ayam yang mati diteliti oleh Balai Besar Veteriner Denpasar, dan hasilnya dinyatakan positif AI.

"Spesimen sudah dikirim ke Balai Besar Veteriner Denpasar, dan hasilnya positif. Namun, kasus yang terjadi ini pada ayam, belum ada kasus pada manusia," kata Kepala Dinas Peternakan NTT Samuel Rebo, Senin (24/10/2011).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Flores Timur Antonius Wukak Sogen ketika dikonfirmasi di Larantuka membenarkan kasus tersebut. Menurut Antonius, peristiwa mengejutkan itu terjadi pertengahan September 2011 lalu, di mana 20.000 ekor ayam buras mati di Kecamatan Witihama, Pulau Adonara, Flores Timur.

Dari kejadian ini, NTT tak lagi bebas AI. Peristiwa ini juga mengingatkan kita pada kasus tahun 1997, kasus rabies pertama kali masuk NTT juga dari Flores Timur, yang kemudian meluas ke seluruh Flores dan Lembata. Bahkan, sampai saat ini Flores-Lembata belum dapat bebas dari rabies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.