Cara Memilih "Seafood" Beku yang Aman

Kompas.com - 25/10/2011, 11:02 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Ketika ingin membeli seafood di supermarket, Anda pasti menemukannya dalam keadaan yang segar ataupun beku. Ketika Anda tidak berencana untuk langsung memasak makanan laut itu, maka membeli seafood dalam keadaan beku bisa menjadi pilihan. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli seafood dalam keadaan beku, selain tanggal kedaluwarsanya.

1. Ketika membeli seafood dalam keadaan beku, perhatikan bahan makanan tersebut dalam keadaan kedap udara, tetapi dengan kelembaban yang terjaga. Jangan membeli seafood beku dengan kemasan yang sudah robek.

2. Pilih kemasan seafood yang berada di bagian tengah. Jika memilih bagian yang paling bawah, kemungkinan seafood hancur lebih besar. Jika memilih kemasan yang paling atas, ada kemungkinan produk tersebut adalah produk yang sudah lama.

3. Hindari risiko seafood mencair selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, mintalah kemasan pendingin agar tidak merusak produk.

4. Perhatikan dengan baik, jangan sampai memilih makanan laut yang sudah rusak atau patah bagian tubuhnya. Misalnya, lobster yang kakinya sudah patah, atau kerang yang kulitnya sudah hancur.

5. Jika memilih untuk membeli ikan fillet, pilih yang warnanya alami sesuai dengan jenis ikannya. Banyak ikan fillet yang diberi pewarna agar warnanya jadi lebih menarik.

(Dari berbagai sumber)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.