Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,6 SR Guncang Ambon

Kompas.com - 29/10/2011, 08:26 WIB

AMBON, KOMPAS.com — Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,6 skala Richter mengguncang Kota Ambon, Maluku, Sabtu (29/10/2011) sekitar pukul 06.50 WIT.

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Benny Sipolo mengatakan, gempa tersebut terletak pada lokasi 2,91 Lintang Selatan, 129,67 Bujur Timur pada 185 km timur laut Ambon dengan kedalaman 25 km.

Sipolo mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Stasiun Geofisika Ambon, katanya, intensif memantau perkembangan gempa karena beberapa  wilayah, seperti Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual, dan Saumlaki (Kabupaten Maluku Tenggara Barat) termasuk daerah rawan gempa karena hampir setiap hari terjadi gempa berkekuatan 2-3 SR.

Sedangkan kepulauan yang rawan gempa antara lain Pulau Ambon, Pulau Seram, dan Pulau Buru.

Menurut Sipolo, Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo-Australia, dan Eurasia. Lempeng Indo-Australia masuk ke bawah Eurasia, bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Hingga kini belum ada gempa yang berpotensi tsunami di Maluku, katanya.

Gempa-gempa yang terjadi di wilayah-wilayah di Maluku kebanyakan tremor, yakni lokal dangkal yang terus-menerus dan kekuatannya berkisar tiga hingga empat Modified Mercally Intensity (MMI), kata Sipolo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com