Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Kurban Diperiksa Ketat

Kompas.com - 30/10/2011, 19:47 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Sapi dan kambing yang dijual di sentra penjualan hewan kurban di Gresik, Jawa Timur, akan mulai diperiksa pada Senin (31/10/2011). Pemeriksaan juga akan dilakukan saat hewan disembelih.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Gresik Suyadi, Minggu (30/10/2011), menyatakan, pemeriksaan itu untuk memastikan hewan kurban sehat dan layak dikonsumsi.

Pemeriksaan sebelum hewan disembelih melibatkan 15 dokter hewan dan paramedis yang terbagi dalam empat kelompok. "Ini juga untuk antisipasi penyakit antraks," katanya.

Pemantauan di sejumlah sentra penjualan hewan ternak di Gresik menunjukkan, harga ternak mulai naik hingga 30 persen. Kambing yang sebelumnya Rp 800.000-Rp 3 juta, kini Rp 1,2 juta-Rp 4 juta. Harga sapi dari Rp 7,5 juta-Rp 10 juta, kini Rp 9 juta-Rp 12 juta.

Seorang pedagang, Anam, menuturkan, semakin mendekati hari Idul Adha harganya semakin mahal. "Ini terkait biaya pakan dan pemeliharaan," katanya, Minggu sore.

Pedagang lainnya, Yahya, menyatakan, naiknya harga juga karena biaya sewa lahan dan tenda tempat untuk jualan. Hewan kurban didatangkan dari luar daerah, seperti Jember dan Ponorogo. "Saya tahun ini membawa 24 ekor kambing dari Jember," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com