Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flu Burung Serang Ayam Warga

Kompas.com - 31/10/2011, 22:07 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com Sebanyak 78 ekor ayam bukan ras di Desa Silo, Jember, Jawa Timur, ditemukan mati secara mendadak. Kematian ayam-ayam itu diduga akibat terserang flu burung.

Demikian diungkapkan Camat Silo, Eko Heru Sunarso, dan petugas Humas Dinas Kesehatan Jember, Yumarlis, kepada Kompas di Jember, Senin (31/10/2011). Setelah menerima adanya laporan banyaknya ayam yang mati, dokter puskesmas, Adi Wijaya, segera melakukan pemantauan dan mengambil langkah yang perlu untuk dilakukan.

Menurut Eko Heru, ayam milik warga RT 01 RW II Dusun Karangbaru, Desa Silo, Kecamatan Silo, pada Sabtu dan Minggu (29-30/10/2011) ditemukan mati mendadak. Petugas dari Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan kini mengambil sampel dari ayam yang sudah dikubur itu.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap tujuh orang yang sebelumnya menderita sakit panas dan berada di sekitar lokasi matinya ayam.

Yumarlis menambahkan, tim dari Dinas Kesehatan mengambil sampel penderita sakit panas meskipun sekarang sudah sembuh. Pemeriksaan laboratorium perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kemungkinan yang terburuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com