Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang China, Puluhan Rumah Ambruk

Kompas.com - 01/11/2011, 14:13 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan sedang yang mengguncang daerah terpencil di China barat-laut telah menghancurkan puluhan rumah dan merusak banyak rumah lagi. Namun tak ada laporan mengenai korban jiwa, kata beberapa pejabat pemerintah dan media resmi Selasa (1/11/2011).

Lebih dari 50 rumah ambruk dan ratusan rumah lagi rusak setelah gempa dengan kekuatan 5,4 pada skala Richter mengguncang daerah perbatasan di kabupaten Yining dan Gongliu di Xinjiang, kata biro gempa setempat di blogmikro resminya.

China Earthquake Administration menyatakan gempa tersebut diduga  mengakibatkan "kerusakan besar", dan "guncangan kuat" dan terasa di beberapa kabupaten tetangganya, kata kantor berita resmi China, Xinhua.

Satu tim kerja khusus telah dikirim ke daerah tersebut guna menilai kerusakan dan mengkoordinasikan upaya pertolongan, tambahnya.

Xinjiang adalah wilayah luas dengan penduduk sebanyak 20 juta jiwa, sembilan juta di antara mereka adalah orang Uighur, etnik minoritas yang kebanyakan adalah orang Muslim dan menggunakan bahasa Turki.

Gempa dengan kekuatan 5,2 pada skala Richter mengguncang wilayah itu pada Agustus, melukai sedikitnya 26 orang, tiga di antara mereka kritis, dan merusak lebih dari 30 bangunan tempat tinggal.

Selasa pagi, satu lagi gempa dengan kekuatan sedang, 5,5 pada skala Richter, mengguncang daerah perbatasan Sichuan-Gansu di China barat-daya, wilayah yang porak-poranda akibat gempa dengan kekuatan 8,0 pada skala Richter pada 2008.

Seorang pejabat di kabupaten Qingchuan di provinsi Sichuan, tempat gempa mengguncang pada pukul 05:58 waktu setempat (04:58 WIB). "Itu tak terlalu berbahaya," katanya kepada AFP.

Seorang pejabat lain mengatakan gempa tersebut telah menyebabkan tembok pecah dan atap rumah rontok di daerah gunung tapi tak ada laporan mengenai korban jiwa atau kerugian ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com