Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Australia Beri Harapan Baru Pengobatan Malaria

Kompas.com - 09/11/2011, 14:41 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Malaria dapat disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan dan herbisida baru yang digunakan untuk membunuh tanaman.

Ilmuwan Profesor McFadden hari Rabu (9/11/2011) ini, di Kedutaan Australia di Jakarta mengatakan, penelitiannya menunjukkan parasit malaria pada awalnya seperti organisme tumbuhan yang hidup dengan fotosintesis.

"Kami menemukan jejak-jejak genetis utama yang mirip metabolisme tanaman pada parasit malaria. Ini memberi tahu kita bahwa parasit tersebut berpindah dari kehidupannya di samudera sebagai tanaman uniselular ke gaya hidup parasit baru di darah manusia. Dan yang penting, penemuan ini memberi kita cara baru untuk memerangi penyakit ini dengan menggunakan obat-obatan dan herbisida yang pada awalnya dirancang untuk membunuh tanaman," paparnya, dalam siaran pers.

"Kami telah menemukan bahwa senyawa herbisida ini, beberapa diantaranya tidak beracun bagi manusia, juga memerangi malaria," tutur Profesor McFadden.

Kunjungan Profesor McFadden diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Kedutaan Besar Australia sebagai bagian dari seri seminar yang tengah berlangsung dan dimaksudkan untuk meningkatkan pertukaran dan jaringan ilmuwan antara Indonesia dan Australia.

Wakil Duta Besar Australia, Paul Robilliard mengatakan penelitian Profesor McFaddens memperlihatkan keunggulan penelitian ilmiah dan medis Australia. Kami bangga menghadirkan Profesor McFadden ke Indonesia, botaniawan internasional.

"Penelitiannya memberi harapan untuk membasmi malaria, penyakit yang mengakibatkan kerugian besar karena penderitaan dan kematian di banyak kawasan tropis," tutur Robilliard.

Malaria adalah masalah besar kesehatan global. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan 500 juta orang terjangkit dan 1 juta diantaranya tewas setiap tahunnya. Pada saat ini tidak ada vaksin dan parasit ini kini kebal terhadap hampir semua obat-obatan yang ada. Namun malaria dapat disembuhkan bila terdiagnosa dengan segera dan diobati dengan memadai. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com