Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pola Makan untuk Menyiapkan Kehamilan

Kompas.com - 09/11/2011, 16:30 WIB

T:
Ass. Selamat pagi ibu dokter yang berbahagia. Kami sudah menjalani rumah tangga selama lima tahun, namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan istri saya. Kami berdua sudah melakukan tes laboratorium tiga kali, dan hasilnya Alhamdulillah bagus dan baik keduanya. Kami juga banyak mengonsumsi makanan yang bergizi dan banyak minum air putih dan buah-buahan. Mohon saran untuk kami kiat-kiat apa yang harus kami berdua persiapkan supaya bisa hamil, terutama dari pola makan kami. Terima kasih bu, dari kami yang tinggal di perbatasan Nunukan. Salam hormat kami untuk keluarga ibu. (Putra, 30, putraandikajaya@...)

J:
Dear Putra,
Jika Anda berdua sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan baik, maka sebaiknya Anda tetap melakukan pola hidup sehat yang meliputi:

* Makan yang sehat
Makan dengan gizi lengkap dan seimbang. Lengkap artinya setiap kali makan harus mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh (seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air). Namun jumlah harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh (tidak berlebihan maupun kekurangan). Nah, untuk menentukan berapa jumlah yang diperlukan dapat dikonsultasikan dengan dokter keluarga.

* Istirahat yang cukup
Istirahat terbaik adalah tidur. Saya anjurkan Anda tidur selama 6-8 jam per hari.

* Olahraga maupun aktivitas fisik secara teratur
Yang paling baik adalah melakukan olahraga aerobik seperti jalan kaki, jogging, renang, bersepeda, dan lain sebagainya. Sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30 menit.

* Menjalankan gaya hidup sehat
Dengan cara mempertahankan berat badan ideal (jika ada yang obesitas sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter agar diberi program penurunan berat badan yang tepat), tidak merokok, dan tidak menggunakan alkohol maupun ketergantungan obat.

Jika semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk berdoa. Semoga bisa membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com