Imunisasi Balita Lengkap, Perlukah Ikut PIN?

Kompas.com - 11/11/2011, 09:28 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, akhir-akhir ini banyak diumumkan tentang Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk vaksin campak dan polio. Anak saya sekarang berusia 2,5 tahun dan vaksinnya sudah lengkap, kecuali MMR. Apakah ia perlu diikutkan PIN lagi, Dok? Kabarnya sekarang banyak penyakit anak-anak bermunculan. Bagaimana menjaga kesehatannya karena saya ibu bekerja. Terima kasih.   Wira (34), Kelapa Gading

 

JAWAB :

Ibu Wira yang baik, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan angka cakupan imunisasi yang dianggap penting. Termasuk di dalamnya adalah PIN untuk campak dan polio.

Pada kasus si kecil, di mana seusia ini imunisasi dasarnya sudah lengkap, namun belum mendapatkan MMR, sebaiknya dilengkapi ulangan campaknya, baik melalui PIN atau dengan memberikannya imunisasi MMR, yang mencegah penyakit measle (campak, sebagai ulangan vaksinasi campak saat ia berusia 9 bulan), mumps (gondongan), dan rubella (campak Jerman). Begitu pula sebaiknya ia diberikan imunisasi ulangan polio (melalui program PIN) dengan syarat pemberian polio sebelumnya berjarak minimal 4 minggu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.