Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imunisasi Balita Lengkap, Perlukah Ikut PIN?

Kompas.com - 11/11/2011, 09:28 WIB

TANYA:

Dok, akhir-akhir ini banyak diumumkan tentang Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk vaksin campak dan polio. Anak saya sekarang berusia 2,5 tahun dan vaksinnya sudah lengkap, kecuali MMR. Apakah ia perlu diikutkan PIN lagi, Dok? Kabarnya sekarang banyak penyakit anak-anak bermunculan. Bagaimana menjaga kesehatannya karena saya ibu bekerja. Terima kasih.   Wira (34), Kelapa Gading

 

JAWAB :

Ibu Wira yang baik, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan angka cakupan imunisasi yang dianggap penting. Termasuk di dalamnya adalah PIN untuk campak dan polio.

Pada kasus si kecil, di mana seusia ini imunisasi dasarnya sudah lengkap, namun belum mendapatkan MMR, sebaiknya dilengkapi ulangan campaknya, baik melalui PIN atau dengan memberikannya imunisasi MMR, yang mencegah penyakit measle (campak, sebagai ulangan vaksinasi campak saat ia berusia 9 bulan), mumps (gondongan), dan rubella (campak Jerman). Begitu pula sebaiknya ia diberikan imunisasi ulangan polio (melalui program PIN) dengan syarat pemberian polio sebelumnya berjarak minimal 4 minggu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com