Latihan Sederhana Atasi Nyeri Pinggang

Kompas.com - 12/11/2011, 09:06 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com — Nyeri pada pinggang  (low back pain) adalah sindroma klinis yang ditandai dengan gejala utama nyeri atau perasaan tidak nyaman di daerah tulang punggung bagian bawah.

Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini. Penyebabnya bisa karena beragam alasan, mulai dari otot tegang hingga cedera.

Berikut adalah beberapa latihan dan gerakan sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu Anda mengatasi masalah nyeri punggung bagian bawah.

- Hindari posisi atau kegiatan yang meningkatkan atau menyebabkan nyeri punggung. Gunakan kompres es bila diperlukan dan gunakan obat pereda rasa sakit jika Anda benar-benar sudah tidak dapat lagi menahan rasa nyeri. Kebanyakan masalah nyeri punggung bawah akan berangsur membaik bila Anda tetap aktif.

- Anda dapat memilih untuk latihan penguatan sederhana pada bagian perut, punggung, dan kaki, yang diikuti beberapa latihan peregangan. Latihan tidak hanya membantu Anda pulih lebih cepat, juga mencegah kembali cedera pada punggung Anda.

- Ingat bahwa Anda harus terus aktif setelah sembuh dari sakit punggung dan secara bertahap meningkatkan level aktivitas Anda. Sedikit aktivitas akan menyebabkan hilangnya fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan sehingga akhirnya berdampak pada kekambuhan.

- Hindari tidur dengan posisi tengkurap. Ketika posisi Anda tengkurap, perut akan menjorok ke bawah, membentuk lengkungan pada punggung, meningkatkan kurva lumbal, sehingga memberikan rasa nyeri. Tidur telentang akan membuat Anda merasa nyaman. Para ahli menyarankan tidur miring dengan posisi kaki ditekuk pada bagian lutut. Posisi ini dimaksudkan untuk meminimalkan stres tulang punggung.

- Perhatikan bagaimana Anda duduk dan berdiri—postur tubuh yang buruk sering menjadi penyebab utama terjadinya nyeri punggung bawah. Jangan membungkuk saat Anda duduk dan berdiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.