Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latihan Sederhana Atasi Nyeri Pinggang

Kompas.com - 12/11/2011, 09:06 WIB

KOMPAS.com — Nyeri pada pinggang  (low back pain) adalah sindroma klinis yang ditandai dengan gejala utama nyeri atau perasaan tidak nyaman di daerah tulang punggung bagian bawah.

Hampir setiap orang pernah mengalami kondisi seperti ini. Penyebabnya bisa karena beragam alasan, mulai dari otot tegang hingga cedera.

Berikut adalah beberapa latihan dan gerakan sederhana yang dapat dilakukan untuk membantu Anda mengatasi masalah nyeri punggung bagian bawah.

- Hindari posisi atau kegiatan yang meningkatkan atau menyebabkan nyeri punggung. Gunakan kompres es bila diperlukan dan gunakan obat pereda rasa sakit jika Anda benar-benar sudah tidak dapat lagi menahan rasa nyeri. Kebanyakan masalah nyeri punggung bawah akan berangsur membaik bila Anda tetap aktif.

- Anda dapat memilih untuk latihan penguatan sederhana pada bagian perut, punggung, dan kaki, yang diikuti beberapa latihan peregangan. Latihan tidak hanya membantu Anda pulih lebih cepat, juga mencegah kembali cedera pada punggung Anda.

- Ingat bahwa Anda harus terus aktif setelah sembuh dari sakit punggung dan secara bertahap meningkatkan level aktivitas Anda. Sedikit aktivitas akan menyebabkan hilangnya fleksibilitas, kekuatan, dan daya tahan sehingga akhirnya berdampak pada kekambuhan.

- Hindari tidur dengan posisi tengkurap. Ketika posisi Anda tengkurap, perut akan menjorok ke bawah, membentuk lengkungan pada punggung, meningkatkan kurva lumbal, sehingga memberikan rasa nyeri. Tidur telentang akan membuat Anda merasa nyaman. Para ahli menyarankan tidur miring dengan posisi kaki ditekuk pada bagian lutut. Posisi ini dimaksudkan untuk meminimalkan stres tulang punggung.

- Perhatikan bagaimana Anda duduk dan berdiri—postur tubuh yang buruk sering menjadi penyebab utama terjadinya nyeri punggung bawah. Jangan membungkuk saat Anda duduk dan berdiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com