Perlukah Anak Cek Kolesterol?

Kompas.com - 14/11/2011, 06:37 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Anak-anak yang menderita kolesterol tinggi lebih rentan untuk menderita serangan jantung dan stroke di usia dewasa. Karena itu anak berusia 9-11 tahun disarankan untuk setidaknya sekali melakukan cek kolesterol.

Rekomendasi terbaru ini disetujui oleh American Academy of Pediatrics (AAP), sebagai revisi rekomendasi sebelumnya yang menyebutkan skrining kolesterol hanya diperuntukkan untuk anak dari keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung atau kolesterol tinggi.

Menurut AAP, dalam rekomendasi lama itu sekitar 30-60 persen kasus tak terdeteksi. Lagi pula peningkatan jumlah anak yang obesitas menyebabkan proporsi anak dengan kolesterol tinggi meningkat.

Akan tetapi rekomendasi terbaru ini menuai kontroversi. Sebagian pakar menyatakan melakukan pengecekan kolesterol anak tidak berdampak apa-apa jika kolesterol tinggi itu tidak diobati.

Menurut Dr.Chad Teeters, ahli kardiologi, belum ada bukti obat penurun kolesterol akan memperlambat progresivitas penyakit jantung di usia dewasa. Lagi pula mengonsumsi obat ini sejak usia anak-anak tentu ada efek sampingnya.

Selain rekomendasi skrining kolesterol, AAP juga menyarankan agar setiap anak berolahraga 30-45 menit setiap hari serta menjauhi makanan yang berlemak dan digoreng.

Rekomendasi lain berkaitan dengan pencegahan penyakit jantung sejak usia anak-anak adalah pemberian ASI kepada bayi, pemberian makanan tambahan yang rendah lemak jenuh sejak usia setahun, serta anak-anak yang kegemukan dan memiliki orangtua menderita diabetes harus melakukan pemeriksaan diabetes setiap dua tahun sekali sejak usia 10 tahun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.