Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Ibu Hamil Nyaman Saat Tidur

Kompas.com - 14/11/2011, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Meski perubahan fisik membuat ibu hamil cenderung tak nyaman beraktivitas, termasuk saat tidur, terdapat sejumlah cara untuk menyiasatinya. Untuk membantu ibu hamil lebih nyenyak tidur, inilah delapan hal yang dapat dilakukan.

Dokter kandungan dr Cepi Teguh Pramayadi, SpOG dari RS Eva Sari memberikan saran untuk ibu hamil:

1. Mandi air hangat sebelum naik ke ranjang.
2. Carilah posisi tidur yang paling nyaman, apakah miring ke kanan atau ke kiri. Namun perlu diketahui, posisi tidur miring ke kiri lebih memberikan keuntungan karena dapat memaksimalkan aliran darah dan nutrisi ke janin.
3. Hindari terlalu kenyang. Kebanyakan makan sebelum tidur bisa membuat rasa tidak nyaman di ulu hati sehingga mengganggu kenyamanan tidur.
4. Minum segelas susu hangat. Susu mengandung asam amino triptofan yang dapat meningkatkan kadar serotonin dalam otak dan bisa membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.
5. Mendengarkan musik. Jenis musik apa pun tak masalah selama ibu dapat menikmatinya.
6. Melakukan hubungan intim. Jangan lupa, seks merupakan cara efektif membuat tubuh rileks.
7. Minta suami untuk memberikan pijatan lembut. Perasaan bahagia karena diperhatikan atau dimanjakan oleh pasanga akan membuat ibu lebih tenang dan lebih nyenyak saat ke peraduan.
8. Mengolah nafas secara teratur dapat menolong mengurangi ketegangan otot dan membantu untuk tidur lebih baik. Caranya, tarik nafas melalui hidung secara perlahan (bisa dilakukan sambil duduk atau berbaring). Lalu tahan nafas 1-2 detik, lalu keluarkan melalui mulut secara perlahan. Lakukan beberapa kali.

(Tabloid Nakita/Gazali Solahuddin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com