Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Cara Menambah Ukuran Mr.P?

Kompas.com - 24/11/2011, 05:41 WIB

TANYA :

Dok, saya pria yang sudah cukup matang usia untuk menikah (24 tahun). Namun, saya merasa minder dikarenakan alat kelamin saya berukuran kecil sekali (tidak standar). Adakah cara yang bisa membantu menormalkan ukuran alat kelamin saya pada usia seperti saya ini? Apakah masih mungkin untuk tumbuh? Ke mana saya harus berobat untuk mengatasi kondisi ini?

(Lucky, 24)
 
JAWAB :
Saya tidak yakin apakah anggapan Anda bahwa ukuran penis Anda "tidak standar" benar atau tidak. Apakah Anda tahu dengan yang standar itu berapa ukurannya? Masalahnya, banyak pria yang menganggap ukuran penisnya tidak normal, padahal setelah diperiksa ternyata normal.

Anggapan tidak normal atau kecil pada umumnya karena dibandingkan dengan gambar atau film porno, atau mungkin dibandingkan dengan temannya yang kebetulan mempunyai ukuran lebih besar.

Normal tidaknya ukuran penis Anda dapat dipastikan melalui pemeriksaan, yang juga meliputi pemeriksaan bagian kelamin lain, terutama buah pelir (testis) dan rambut kelamin. Penis dan bagian kelamin lain berkembang melalui 5 tahap, sejak usia anak-anak sampai dewasa.

Setelah kelima tahap itu dilampaui maka kelamin tidak dapat berkembang lagi. Tetapi, kalau perkembangan kelamin belum melalui kelima tahap itu, ukuran penis masih dapat ditambah agar mencapai tahap 5 walaupun usia sudah dewasa. Namun, perkembangan buah pelir tetap terhambat. Anda dapat berkonsultasi dan mendapat pemeriksaan oleh dokter spesialis Andrologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com