Mengatasi Batuk Pilek Saat Hamil

Kompas.com - 24/11/2011, 08:25 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Jangan sembarang mengonsumsi obat saat mengalami gejala pilek dan batuk ketika hamil. Anda bisa mengatasinya dengan cara alami dan sederhana, selain konsultasi ke dokter untuk mengobati dengan cara tepat tentunya. Berikut caranya:

* Konsumsi banyak cairan seperti air putih, teh hangat, atau jus.
* Tidurlah dengan posisi kepala lebih tinggi agar lebih mudah bernafas.
* Buatlah uap untuk inhalasi. Tambahkan aromaterapi eucalyptus yang dapat mengurangi sumbatan di hidung dan mencegah sakit kepala.
* Minum air hangat dengan campuran lemon dan madu untuk mengurangi radang tenggorokan.
* Konsumsi bawang putih juga bermanfaat menyembuhkan batuk pilek.
* Berkumur-kumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam, lakukan 2-3 kali sehari.
* Bila batuk pilek dialami lebih dari beberapa hari disertai demam dan radang tenggorokan, sebaiknya ke dokter untuk memperoleh pengobatan tepat.
* Minumlah obat-obatan hanya yang sudah diresepkan dokter untuk mencegah batuk pilek bertambah parah yang dapat menyebabkan tekanan di perut, bahkan memungkinkan terjadinya kelahiran prematur. Hindari konsumsi obat batuk pilek sembarangan.

(Tabloid Nakita/Dedeh)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.