Mengapa Imunisasi di RS Swasta Mahal?

Kompas.com - 25/11/2011, 11:29 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok, mengapa biaya imunisasi di RS khusus anak lebih mahal dibandingkan dengan di Puskesmas, apakah kualitas vaksinnya berbeda? Mohon penjelasan.
 
Didi Winardi (42), Yogyakarta

JAWAB:

Bapak Winardi yang baik,
Imunisasi adalah program pemerintah yang diwajibkan kepada seluruh bayi/anak di Indonesia. Sehingga di setiap pusat pelayanan kesehatan masyarakat milik pemerintah seperti puskesmas, seluruh pelayanan kesehatan diupayakan dapat dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat Indonesia, karena sudah mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Sedangkan kebanyakan rumah sakit khusus anak adalah milik swasta yang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga biayanya relatif lebih mahal karena rs tersebut harus membiayai sendiri operasional/kegiatannya sendiri.

Disamping itu di RS khusus anak seringkali disediakan pula beberapa vaksin tertentu yang berasal dari produsen vaksin yang berbeda dari produsen vaksin yang terdapat di puskesmas, tetapi isinya relatif sama sebenarnya tetapi dengan harga yang lebih mahal.

Namun demikian pada kondisi tertentu seperti saat Pekan Imunisasi Nasional (PIN), RS khusus anak swasta pun diikutsertakan berpartisipasi dengan memberikan imunisasi sesuai dengan program PIN saat itu dengan tanpa bayaran sedikit pun/gratis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.