Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Siswa SD Keracunan Jajanan Sekolahan

Kompas.com - 25/11/2011, 17:16 WIB

PAGARALAM, KOMPAS.com - Tujuh anak siswa sekolah dasar (SD) di Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Jumat, diduga mengalami keracunan makanan setelah mengkonsumsi jajanan di sekolah.

Di antara korban, yaitu Erpani, Agung, Diah, Aris, dan Eldi, siswa SD Muhammadyah di Dusun Kauman, Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan.

"Kondisi ketujuh anak tersebut setelah satu jam mengkonsumsi makanan yang dibeli di sekolah itu mulai mengalami mual, muntah, pusing dan muka pucat, sehingga dilarikan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Besemah," kata salah seorang dari orang tua korban, Syamsul, Jumat (25/11/2011).

Anak yang diduga mengalami keracunan itu, tiga orang dirawat di RSD Besemah, dan satu di Klinik Wita Medika, serta tiga orang lagi hanya dilakukan rawat jalan.

"Mereka diduga keracunan setelah menyantap makanan yang banyak dijual di sekitar sekolah, sehingga membuat tubuh korban merasa lemas disertai pusing dan muntah-muntah," kata dia.

Gejala keracunan itu terjadi setelah anak-anak pulang sekolah dan beberapa jam usai mengkonsumsi makanan tersebut. Bahkan ada yang sempoyongan karena kepalanya terasa pusing disertai mual.

Tidak berapa lama, ia langsung muntah-muntah tanpa henti, kata dia lagi. Setelah itu, mereka langsung dilarikan ke RSD Besemah sebanyak tiga siswa, dan satu siswa dirawat di klinik, sedangkan tiga siswa lainnya hanya dirawat di rumah.

"Kami mengira hanya masuk angin, setelah diberitahu oleh orang tua siswa yang lain baru diketahui jika ada beberapa anak tadi mengalami keracunan setelah makan jajanan sekolah," kata dia pula.

Menurut dia, sejumlah orang tua murid juga kecewa karena pihak sekolah tidak memberitahukan kejadian itu, dan korban justru disuruh pulang sendiri ke rumah," kata dia.

Kepala SD Muhammadiyah Pagaralam, Sutrisno, membenarkan memang ada empat dari tujuh siswa sekolahnya yang sakit sempat di rawat di rumah sakit, namun bukan keracunan melainkan hanya kondisi badan tidak fit dan ditambah lagi meminum es.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com