Awas Gigitan Nyamuk Pukul 06.00-10.00

Kompas.com - 28/11/2011, 18:34 WIB
Penulis Adi Sucipto
|
EditorAgus Mulyadi

GRESIK, KOMPAS.com - Masyarakat diminta mewaspadai gigitan nyamuk, khususnya pada pukul 06.00 hingga 10.00, serta pukul 13.00 hingga 17.00. Pada waktu-waktu itulah biasanya nyamuk Aedes aegipty menggigit, hingga menyebabkan penyakit demam berdarah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Sugeng Widodo, Senin (28/11/2011), menyebtukan, perkembangan nyamuk Aedes aegipty dan penyebaran virus Dengue sangat cepat, apalagi pada musim hujan.

Masyarakat diminta memberantas sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air. Nyamuk tersebut mudah berkembang di air yang jernih, tenang, dan dasar air bukan tanah. Agar perkembangan nyamuk itu tidak bertambah banyak, dilakukan pengasapan (fogging) dan pemberian bubuk abate.

Sepanjang Januari 2001 hingga November 2011, tercatat 200 kasus demam berdarah di Gresik, Jawa Timur. Jumlah itu menurun dibandingkan 2010 yang mencapai 600 kasus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.