Dicari, Ide Kreatif untuk Menyehatan Jiwa dan Raga

Kompas.com - 30/11/2011, 07:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sebagian besar penduduk Indonesia merasa tidak berbahagia. Saat ini Indonesia berada di peringkat ke 139 dari 215 negara dalam hal kualitas kehidupan warga kotanya.

Sementara itu menurut survei Health and Well Being yang dilakukan Philips, Indonesia sangat menonjol di atas rata-rata global dalam hal ketidakpuasan.

Fakta lainnya, menurut data Happy Planet Index tahun 2011, kepuasan hidup penduduk Indonesia berada dalam skala 5,7 yang berada pada levelnya menengah. Sementara itu Malaysia berada di skala 6,6 dan Thailand 6,3.

Tuntutan kerja yang tinggi ditambah lingkungan fisik dan psikis di perkotaan yang buruk membuat warga kota mudah mengalami tekanan. Kemacetan di jalan, tidak tersedianya ruang terbuka hijau, biaya kesehatan yang tinggi, serta pola makan yang buruk, membuat sebagian besar penduduk rentan menderita stres.

Karena itu sudah saatnya kebijakan pemerintah mengarah kepada kesejahteraan jiwa dan raga penduduknya. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki tiga hal penting, yakni pembangunan kota yang layak huni, pola hidup sehat, serta meningkatkan akses kesehatan yang berkualitas.

Ketiga tema besar tersebut diangkat oleh Royal Philips Electronics untuk meluncurkan The + Project. Menurut Robert Fletcher, Presiden Direktur PT Philips Indonesia, program ini merupakan kolaborasi antara pihak swasta dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan dan kesehatan.

Dalam program ini Philips membuka kesempatan pada masyarakat, baik individu atau kelompok, untuk menuangkan ide-idenya dalam meningkatkan ketiga aspek utama tersebut.

Peserta dapat mengirimkan materi dalam bentuk ringkasan yang tak lebih dari 750 kata dengan mendaftarkan diri pada situs www.philips.co.id/plus.

Kompetisi ini berlangsung mulai 28 November 2011 - 31 Januari 2012. Nantinya akan dipilih 3 pemenang dengan ide terbaik. "Kami akan mewujudkan ide para pemenang tersebut dalam proyek realisasi dengan biaya sampai dengan 5.000 US Amerika," kata Fletcher.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.