Hindari 4 Hal Ini di Meja Kerja

Kompas.com - 01/12/2011, 10:44 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Kebanyakan dari kita menghabiskan waktu minimal 5 jam sehari di depan komputer. Duduk terpaku di depan meja selama itu tak mengherankan jika keluhan nyeri punggung, pegal, hingga sakit lambung kerap menjadi keluhan. Untuk mengubahnya, sebaiknya hindari 4 hal berikut ini di meja kerja.

1. Makan

Bukan hanya karena meja kerja menjadi salah satu sarang kuman, namun mencampurkan makan dengan waktu bekerja bisa mengacaukan program diet Anda. Makan tanpa kesadaran, karena otak Anda sibuk memproses pekerjaan, bisa membuat Anda mengasup makanan lebih banyak. Karena itu, saat tiba waktu makan menyingkirlah dari meja kerja dan carilah tempat di mana Anda bisa fokus pada isi piring.

2. Menyilangkan kaki

Anda mungkin tidak pernah memikirkannya, tetapi saat kita duduk sering otomatis kaki langsung disilangkan. Kebiasaan kecil ini menyebabkan tekanan lebih besar pada kaki. Akibatnya adalah rasa nyeri di punggung. Karena itu upayakan untuk duduk dengan postur tubuh yang baik.

3. Mengencangkan suara earphone

Menyetel musik dengan volume suara yang kencang di earphone menjadi salah satu penawar malas dan bosan di kantor. Tetapi pastikan agar volume suara tersebut tidak sampai merusak gendang telinga. Bila tetangga di sebelah meja Anda sampi bisa mendengar musik yang sedang Anda dengar, itu berarti volumenya sudah berlebihan.

4. Tak pernah istirahat

Memiliki tugas yang belum diselesaikan memang membuat tak tenang. Namun seharusnya itu bukan alasan untuk tidak meninggalkan meja sampai berjam-jam. Apalagi berbagai studi sudah mengaitkan bahaya duduk terlalu lama dengan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, maksimal dua jam sekali berdirilah dan lakukan peregangan singkat dengan berjalan-jalan, sekaligus mengistirahatkan mata yang lelah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.