Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberian Vaksin di Sore Hari Lebih Efektif

Kompas.com - 02/12/2011, 07:22 WIB

KOMPAS.com — Sore hari diklaim menjadi waktu terbaik untuk melakukan vaksinasi pada anak. Selain respons kekebalan tubuh terhadap vaksin lebih baik, anak-anak juga tidur lebih nyenyak setelah vaksinasi.

Tidur yang berkualitas sangat penting pascavaksin karena hal itu akan memfasilitasi respons imun dan meningkatkan produksi antibodi.

"Bayi yang divaksin di sore hari tidur lebih lama dan nyenyak dibanding dengan bayi yang divaksin di siang hari atau pada pagi hari," kata Dr Kim Giuliano, dokter anak dari Cleveland Clinic, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Penelitian yang dilakukan peneliti dari Universitas California, San Francisco, melibatkan 70 bayi. Para peneliti menemukan bayi yang mendapat vaksin setelah pukul 1.30 siang tidur lebih lama dibandingkan dengan bayi yang divaksin lebih awal.

Kebanyakan bayi yang mendapat suntikan vaksin di siang hari mengalami peningkatan suhu tubuh. Demam ringan yang diatasi dengan pemberian obat penurun panas (asetaminofen) ini menyebabkan waktu tidur bayi berkurang.

Menurut Giuliano, orangtua sebaiknya tidak membiasakan memberi asetaminofen pada anak setelah divaksin untuk mencegah demam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com