Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berperilaku Aneh, Mungkinkah Kakak Saya Depresi?

Kompas.com - 02/12/2011, 14:08 WIB

TANYA :

Yth. dr. Andri Sp.Kj, saya mempunyai kakak laki-laki berusia 34 tahun. Dia tidak mau bekerja. Setiap hari di rumah ia hanya melakukan kegiatan yang menurut saya agak aneh. Misalnya saja, menjemur pakaian basah di dalam kamar, mandi hanya sekali sehari, dan jarang mencuci pakaian.

Orang tua saya juga cuek bebek melihat hal itu, tapi saya risih karena banyak juga perilaku yang aneh-aneh lainnya yang tidak dapat saya ceritakan semua karena terlalu panjang. Ia juga tidak punya teman atau pacar. Dulu ia tidak mau kuliah, padahal orang tua sanggup membiayai, entah karena apa. sekarangpun hanya di rumah dan tidak mau bekerja.

Apakah dia masih normal, depresi, atau apa ya dok.? Dan apa yang harus keluarga lakukan agar ia tidak seperti itu lagi? Terima kasih bila dokter mau menjawab pertanyaan saya ini. Terima kasih dan Salam.

(Angelica, 26, Palembang)

JAWAB :

Angelica yang baik,

Pertama kali yang mungkin harus saya tanyakan sudah sejak berapa lama kakak saudari mengalami hal ini. Kalau memang sudah berlangsung lama yang biasanya dimulai pada masa dewasa muda sekitar usia 20an mungkin keanehan ini ada hubungannya dengan kondisi gangguan jiwa yang disebut skizofrenia.

Tentunya untuk diagnosis pasti harus diperiksa langsung oleh seorang dokter jiwa/psikiater. Gejala skizofrenia memang tidak selalu halusinasi ataupun delusi (waham). Keanehan berpikir dan perilaku yang disebutkan oleh saudari juga banyak dialami oleh pasien yang mengalami skizofrenia.

Kalau melihat dari cerita saudari, sepertinya kakaknya lebih banyak mengalami gejal-gejala negatif seperti malas yang berlebihan, tidak mau merawat diri, lebih senang sendiri dan tidak mau bersosialisasi.

Biasanya hal seperti ini tidak berlangsung tiba-tiba tetapi sedikit demi sedikit sampai akhirnya nyata dan mengkhawatirkan orang sekitarnya.

Saran saya adalah membawanya ke dokter jiwa untuk diperiksa secara langsung. Di Palembang ada RSj Ernaldi Bahar di Km 6 Palembang. Saudari bisa membawa kakaknya berobat ke sana.  Semoga bisa membantu.

Salam Sehat Jiwa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com