Mengapa Perlu Minum Teh Hijau Sebelum Olahraga?

Kompas.com - 10/12/2011, 08:28 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Sudah sejak lama, teh hijau dikenal memiliki sejuta manfaat, mulai dari kesehatan sampai kecantikan. Berikut beberapa manfaat lain dari teh hijau jika dikonsumsi secara teratur.

1. Menghindari penyakit
Teh hijau merupakan antioksidan yang kuat dan terbukti dapat mengurangi serangan kanker paru-paru, kanker prostat, kanker kulit, stroke, dan serangan jantung. Untuk menambahkan tenaga ekstra ketika mengonsumsinya, tambahkan perasan air jeruk lemon. Kandungan flavonoid dalam teh hijau ternyata bisa memerangi virus hepatitis C.

2. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
Tiga cangkir teh hijau sehari bisa memberikan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

3. Menurunkan berat badan
Mengonsumsi secangkir teh hijau sebelum melakukan olahraga terbukti bisa mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa kafein mampu membebaskan asam lemak sehingga Anda bisa membakar lemak jauh lebih mudah. Antioksidan dalam teh juga bekerja sama dengan kafein untuk membantu Anda membakar kalori lebih banyak.

4. Menghilangkan alergi
Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa teh hijau mengandung senyawa EGCG yang akan membuat tubuh terbebas dari reaksi alergi terhadap debu, bulu binatang, sampai alergi serbuk sari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.