Indonesia Masih Tertinggal

Kompas.com - 13/12/2011, 13:22 WIB
EditorAsep Candra

JAKARTA, KOMPAS - Indonesia masih tertinggal dari negara-negara tetangga dalam penanganan kasus kematian ibu. Harus dilakukan upaya keras untuk mengatasi dan menyiasati segala tantangan untuk meningkatkan angka harapan hidup ibu.

Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia menurut Kementerian Kesehatan sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Padahal, targetnya tercapai AKI paling tidak 102 per 100.000 kelahiran hidup pada 2015.

"Apabila melihat penurunan AKI di Indonesia tampaknya kita harus bekerja lebih keras," ucap Slamet Riyadi Yuwono, Direktur Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan, Senin (12/12/11) di Jakarta.

Ia menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Percepatan Penurunan AKI dalam Upaya Pencapaian MDGs 2015 yang digelar Women Research Institute (WRI). Slamet membeberkan beberapa tantangan mencapai target 2015 adalah disparitas pelayanan kesehatan yang dilatarbelakangi masalah sosial, ekonomi, geografis desa-kota.

Kedua, kualitas dan kuantitas sumberdaya tenaga kesehatan belum mencukupi kebutuhan. Ketiga, penurunan dana daerah untuk sektor kesehatan. Keempat, integrasi pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan kesehatan rujukan belum berjalan optimal. Kelima, intervensi yang evidence-based belum mencakup keseluruhan dan diperberat dengan tak terkendalinya pertambahan penduduk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.