Statin Perkecil Risiko Kematian Pasien Flu

Kompas.com - 20/12/2011, 10:33 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Statin selama ini hanya diketahui sebatas obat penurun kolesterol saja. Tetapi studi baru yang dirilis Journal of Infectious Diseases menunjukkan bahwa statin dapat mengurangi risiko kematian pada pasien yang dirawat dengan influenza.

Ini adalah studi observasional pertama yang mengevaluasi hubungan antara penggunaan statin dan mortalitas pada pasien rawat inap yang terdiagnosa infeksi virus flu, menurut Vanderbilt William Schaffner, MD, profesor dan pimpinan dari Preventive Medicine.

"Kami mungkin dapat menggabungkan statin dengan obat antiviral untuk memberikan pengobatan yang lebih baik untuk pasien yang mengalami sakit parah akibat influenza," kata Schaffner.

Dalam risetnya, para peneliti mengamati pasien dewasa yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit influenza pada tahun 2007-2008 untuk mengevaluasi hubungan antara pasien yang diberi resep statin dan kematian terkait influenza.

Di antara 3.043 pasien rawat inap yang mengidap flu, 33 persen di antaranya diberikan obat statin sebelum atau selama rawat inap. Setelah menyesuaikan berbagai faktor, peneliti menemukan bahwa pasien yang tidak mendapat statin hampir dua kali lebih mungkin meninggal akibat influenza ketimbang pasien orang mendapatkan statin.

Meski begitu, Schaffner menekankan bahwa melakukan vaksinasi influenza setiap tahun masih merupakan pertahanan terbaik terhadap influenza.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.