Asma Mengintai Anak Gemuk

Kompas.com - 21/12/2011, 16:55 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Berat badan anak yang berlebih ternyata bisa mencetuskan penyakit asma. Akan tetapi gejala penyakit yang ditandai dengan sesak napas dan juga batuk ini akan mereda jika berat badan anak bisa segera dikurangi.

Studi teranyar menunjukkan anak yang kegemukan di usia setahun, 4 dan 7 tahun beresiko dua kali lipat menderita asma di usia 8 tahun dibandingkan dengan anak yang memiliki berat badan normal.

Para peneliti mengatakan kegemukan dan timbulnya asma di usia anak-anak sangat umum ditemui di Amerika Serikat dibandingkan beberapa dekade lalu. Meski banyak riset mengaitkan antara asma dan kegemukan, namun masih sedikit yang meneliti efek positif dari penurunan berat badan.

"Anak-anak yang bisa mencapai berat badan normal di usia 7 tahun risikonya untuk menderita asma di usia 8 tahun lebih rendah," kata Jessica Ohman Magnusson, peneliti.

Ia mengatakan penjelasan biologi bisa menjelaskan kaitan antara asma dan berat badan. "Hormon leptin, yang diperoleh dari lemak, ditemukan dalam level banyak pada orang yang gemuk. Studi sebelumnya menyebutkan leptin menyebabkan respon peradangan oleh sistem imun sehingga memicu asma," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.