Batasi Konsumsi Obat Flu Saat Hamil

Kompas.com - 22/12/2011, 10:36 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Selama kehamilan seorang calon ibu memang sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat, termasuk obat bebas. Salah satu obat yang harus dibatasi adalah obat flu dan batuk.

Para peneliti mengingatkan beberapa jenis obat flu dan batuk mungkin mengandung zat-zat berbahaya yang berpotensi membahayakan pertumbuhan janin. Selain itu belum ada riset yang secara akurat menyatakan keamanan obat-obatan flu pada ibu hamil.

Yang terbaik memang berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan obat mana yang aman dikonsumsi ibu hamil. Panduan berikut mungkin bisa membantu Anda sebelum mengonsumsi obat flu.

- Batasi seminimal mungkin

Obat-obatan flu dan batuk yang dijual bebas mengandung sedikitnya enam jenis zat kimia untuk mengatasi berbagai gejala influenza, misalnya batuk, pilek, atau sakit kepala. Bila memungkinkan pilihlah obat yang mengandung zat aktif yang spesifik dengan keluhan yang diderita.

- Waspadai obat dekongestan

Konsumsi obat pelega hidung (dekongestan) yang diminum pada tri semester pertama kehamilan sebaiknya dihindari. Penelitian menunjukkan obat ini meningkatkan risiko cacat bawaan pada janin. Sebagai alternatif gunakan obat tetes atau spray di saluran napas.

- Herbal tak selalu aman

Saat ini cukup banyak obat yang mengandung bahan herbal. Meski berbahan herbal belum tentu bahan ini aman untuk kehamilan karena obat-obatan tersebut pada umumnya belum diteliti secara ilmiah.

- Pilih obat yang bebas alkohol

Dalam memilih obat batuk sebaiknya cari obat yang tidak mengandung alkohol.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.