Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinyal Stres yang Tak Disadari

Kompas.com - 27/12/2011, 09:34 WIB

Kompas.com — Stres yang berlangsung lama atau kronik bisa membawa konsekuensi serius, antara lain migren, depresi, dan penyakit jantung. Sayangnya tak banyak orang menyadari bahwa dirinya sedang stres. Padahal, tubuh kita sudah mengirimkan sinyal sebagai respons stres yang kita alami. Kenali sinyal-sinyal tersebut melalui tanda berikut ini.

1. Alergi kumat

Entah mengapa belakangan ini Anda menjadi gampang bersin atau gatal-gatal seperti halnya saat alergi Anda kambuh. Stres yang kita alami bisa merangsang reaksi tubuh terhadap alergen karena stres bisa melemahkan sistem imun. Obat-obatan alergi yang dijual bebas memang bisa mengurangi alergi, tetapi olahraga juga memberi hasil yang sama.

2. Timbul jerawat

Ketika sedang menghadapi tekanan, tubuh memompa adrenalin yang akan meningkatkan sebum sehingga kemungkinan pori-pori tersumbat akibat peningkatan kelenjar minyak pun terjadi. Untuk mengatasinya rutinlah membersihkan wajah dengan pembersih wajah untuk kulit berminyak.

3. Rambut lebih tipis

Kecemasan yang terus-menerus dirasakan bisa mengganggu pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi tipis bahkan cenderung botak. Cukupi kebutuhan tubuh akan zat besi, asam lemak omega-3, serta vitamin B-12 yang sangat dibutuhkan rambut.

4. Gigi sensitif

Akhir-akhir ini gigi menjadi lebih sensitif terhadap makanan panas atau dingin? Hal ini bisa jadi disebabkan karena saat tidur Anda tanpa sadar menggertakkan gigi. Kebiasaan menggertakkan gigi sangat erat kaitannya dengan faktor emosional.

5. Ingin "ngemil"

Kadar kortisol atau hormon stres yang tinggi bisa membuat kita sangat ingin mengasup makanan yang manis.

6. Siklus haid terganggu

Ketika kita sedang stres, otak akan mengirimkan sinyal tertentu yang bisa mengganggu siklus haid. Akibatnya, haid menjadi tidak teratur, siklusnya lebih pendek, atau tidak haid sama sekali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com