Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Jalan Kaki Sesuai Usia Kehamilan

Kompas.com - 27/12/2011, 18:16 WIB

KOMPAS.com - Bagi ibu hamil (bumil), jalan kaki adalah olahraga paling aman dan bisa dilakukan jelang pesalinan. Meski begitu, bumil tetap harus memerhatikan rambu-rambu saat berjalan kaki.

* Trimester pertama
Pada trimester pertama, jalan kaki dilakukan lebih santai, tidak terlalu cepat, seperti sebelum hamil. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Tak lupa, bawa air minum untuk mencegah dehidrasi.

* Trimester kedua
Bagi bumil yang merasa tubuhnya terasa lebih berat dan kaku, perlu melakukan penyesuaikan gerakan saat jalan kaki. Posisi dagu harus tegak, gerakan pinggul lebih perlahan, ayunan kaki harus memerhatikan betul keseimbangan tubuh.

*Trimester ketiga
Pada trimester ketiga, saat berjalan kaki, hindari medan berat seperti menanjak atau tidak rata. Medan seperti ini dapat menganggu keseimbangan ibu hamil. Mendekati persalinan, bumil boleh berjalan kaki sebagai bentuk olahraga ringan, namun sebaiknya perlu ekstra berhati-hati.

(Tabloid Nakita/Irfan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com