Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penderita Demam Berdarah Melonjak

Kompas.com - 05/01/2012, 00:20 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com Jumlah penderita demam berdarah yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, meningkat tajam seiring datangnya musim hujan.

Data di rumah sakit itu, Rabu (1/4/2012), menunjukkan, selama bulan November 2011 tercatat 23 pasien dirawat. Akan tetapi, jumlah pada bulan Desember naik menjadi 44 orang.

Dokter spesialis anak di RSUD Caruban, Rony, mengatakan, hampir setiap hari ada pasien masuk dengan gejala demam tinggi. Selama Januari 2012, ini sudah tiga pasien yang positif menderita demam berdarah.

Jumlah pasien diprediksi masih bisa bertambah. Rony mengatakan, peningkatan jumlah penderita demam berdarah terjadi karena mudahnya mendapatkan genangan air bersih sebagai tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk tidak lupa menggalakkan kembali gerakan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan sekitarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com