Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangsang Nafsu Makan Anak dengan Piring Berwarna

Kompas.com - 07/01/2012, 20:00 WIB

KOMPAS.com — Jangan mudah kecewa jika anak kerap menolak makanan yang Anda sodorkan kepadanya. Memang diperlukan upaya lebih keras untuk membuat si picky eater menjadi nafsu makan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyajikan makanan dalam bentuk tokoh kartun kesayangannya. Cara lain yang relatif lebih mudah adalah menggunakan piring berwarna-warni.

Kemampuan piring berwarna untuk meningkatkan nafsu makan anak ini sudah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam jurnal Acta Paediatrica. Peneliti menilai bahwa makanan yang berwarna-warni memiliki daya tarik tersendiri untuk anak-anak ketimbang orang dewasa. Bahkan secara khusus, makan dari piring dengan tujuh item yang berbeda dan enam makanan dengan warna yang berbeda akan menggugah selera makan anak-anak, sementara orang dewasa cenderung memilih lebih sedikit warna (hanya tiga item warna).

"Apa yang menurut penglihatan anak-anak menarik belum tentu menarik bagi orang tua mereka. Studi kami menunjukkan bagaimana cara untuk membuat perubahan sehingga brokoli dan ikan terlihat lebih lezat dari padabiasanya," kata Brian Wansink, profesor maerketing dari Cornell Dyson School of Applied Economic and Management.

Dalam pengamatannya, Wansink dan rekan melibatkan anak-anak usia pra-remaja dan orang dewasa yang diberikan kombinasi makanan berbeda denganan variasi warna piring yang beragam. "Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak tidak hanya lebih memilih piring dengan unsur-unsur yang lebih berwarna, tetapi juga tertarik dengan makanan yang penuh hiasan menarik," kata peneliti.

"Sementara banyak penelitian tentang preferensi makanan antara anak-anak dan orang dewasa berfokus pada bau, rasa, dan aspek kimia. Tapi kita akan membangun pada temuan yang menunjukkan bahwa orang secara signifikan sangat dipengaruhi oleh bentuk, ukuran, dan tampilan visual dari makanan yang disajikan kepada mereka," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com