Rangsang Nafsu Makan Anak dengan Piring Berwarna

Kompas.com - 07/01/2012, 20:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Jangan mudah kecewa jika anak kerap menolak makanan yang Anda sodorkan kepadanya. Memang diperlukan upaya lebih keras untuk membuat si picky eater menjadi nafsu makan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyajikan makanan dalam bentuk tokoh kartun kesayangannya. Cara lain yang relatif lebih mudah adalah menggunakan piring berwarna-warni.

Kemampuan piring berwarna untuk meningkatkan nafsu makan anak ini sudah dibuktikan lewat penelitian yang dimuat dalam jurnal Acta Paediatrica. Peneliti menilai bahwa makanan yang berwarna-warni memiliki daya tarik tersendiri untuk anak-anak ketimbang orang dewasa. Bahkan secara khusus, makan dari piring dengan tujuh item yang berbeda dan enam makanan dengan warna yang berbeda akan menggugah selera makan anak-anak, sementara orang dewasa cenderung memilih lebih sedikit warna (hanya tiga item warna).

"Apa yang menurut penglihatan anak-anak menarik belum tentu menarik bagi orang tua mereka. Studi kami menunjukkan bagaimana cara untuk membuat perubahan sehingga brokoli dan ikan terlihat lebih lezat dari padabiasanya," kata Brian Wansink, profesor maerketing dari Cornell Dyson School of Applied Economic and Management.

Dalam pengamatannya, Wansink dan rekan melibatkan anak-anak usia pra-remaja dan orang dewasa yang diberikan kombinasi makanan berbeda denganan variasi warna piring yang beragam. "Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak tidak hanya lebih memilih piring dengan unsur-unsur yang lebih berwarna, tetapi juga tertarik dengan makanan yang penuh hiasan menarik," kata peneliti.

"Sementara banyak penelitian tentang preferensi makanan antara anak-anak dan orang dewasa berfokus pada bau, rasa, dan aspek kimia. Tapi kita akan membangun pada temuan yang menunjukkan bahwa orang secara signifikan sangat dipengaruhi oleh bentuk, ukuran, dan tampilan visual dari makanan yang disajikan kepada mereka," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.