Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Lingkar Pinggang Lebih dari 80 Cm

Kompas.com - 09/01/2012, 16:33 WIB

Kompas.com - Jangan hanya mengecek berat badan di timbangan, waspadai pula ukuran lingkar pinggang Anda. Perempuan yang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 centimeter sudah dapat digolongkan ke dalam obesitas menurut panduan terbaru yang merevisi standar sebelumnya yakni 90 centimeter.

The Japan Society for the Study of Obesity (JASSO) menyatakan perempuan yang memiliki indeks massa tubuh di bawah 25 tetapi lingkar pinggangnya di atas 80 cm sudah dianggap sebagai kegemukan berlebih. Berdasarkan panduan lama, ukuran tersebut masih tergolong gemuk (overweight).

Indeks massa tubuh (IMT) 25 atau lebih tentu tidak sehat, apalagi jika memiliki faktor risiko penyakit jantung lainnya seperti kolesterol tinggi, hipertensi, serta memiliki lingkar perut lebih dari 85 cm untuk laki-laki dan 90 untuk perempuan.

Otoritas kesehatan di Jepang menentukan kriteria baru tersebut untuk menilai apakah seseorang menderita sindrom metabolik pada saat melakukan pemeriksaan kesehatan untuk mereka yang sudah berusia di atas 40 tahun.

Berdasarkan analisa data yang mereka keluarkan, disimpulkan bahwa gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi akan terjadi jika terjadi penumpukan lemak di perut, yakni lebih dari 85 cm pada pria dan 80 cm pada wanita.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com