Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Semua Gaya "Lace Dress" Seanggun Kate Middleton

Kompas.com - 10/01/2012, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Lagi-lagi, gaya busana dengan potongan simpel, ciri khas Duchess of Cambridge memukau dunia. Kate Middleton tampil glamor dengan gaun lace yang anggun dan elegan mewakili sosok puteri di pemutaran perdana film War Horse, di Odeon Leicester Square, London, Inggris.

Sejak awal tahun lalu, lace dress memang populer. Tampaknya, setahun berlalu, lace dress tak kehilangan pesonanya termasuk bagi Kate. Istri Pangeran William ini memilih mengenakan gaun lace yang glamor dan anggun di pemutaran perdana film teranyar garapan sutradara ternama Steven Spielberg. Kegiatan yang juga digelar sebagai penggalangan dana untuk yayasan yang dibangun Pangeran William dan Pangeran Harry, dengan Kate sebagai pelindungnya.

Rancangan Temperley
Desainer langganannya, Alice Temperley dari London dipilih Kate untuk merancang gaun lace hitam yang menutupi hampir semua bagian tubuhnya. Gaun lace berkesan dramatis membalut tubuh ramping Kate, meninggalkan sedikit bagian tubuh terbuka di leher, tangan, dengan wajah dan rambutnya yang terurai alami menambah keanggunannya.

Penampilan provokatif namun tetap simpel-elegan ditampilkan Temperley melalui sejumlah cara. Mulai potongan V-neck di bagian depan dan belakang, bagian dalam gaun berwarna nude membentuk siluet tubuh yang kemudian dibalut dengan luaran lace penuh seluruh tubuh. Efek dramatis muncul dari potongan rok panjang model fishtail, yang menutupi kaki jenjang Kate. Seakan tak ingin ketinggalan tren musim semi, Temperley merancang potongan lengan panjang medium yang tak menutupi area pergelangan tangan.

Kate tak menutupi seluruh lengan bawahnya karena ingin memberi ruang memakai gelang berwarna silver yang senada dengan antingnya. Tak banyak aksesori yang digunakan Kate. Gaun lace yang dikenakannya sudah cukup memunculkan kesan mewah yang anggun. Minim aksesori, rambut yang digerai alami, cincin tunangan yang tak pernah lepas dari jarinya, juga clutch beludru hitam, memunculkan penampilan menyegarkan yang modern ala Kate.

Lace dress layak dan tidak layak tiru
Anda boleh saja meniru gaya Kate Middleton yang sukses tampil dengan gaun lace glamor dan anggun. Namun, tak semua lace dress layak tiru seperti sejumlah busana yang dikenakan selebriti papan atas Hollywood pada kesempatan berbeda.

Jennifer Lopez misalnya, yang mengenakan gaun lace dengan terlalu banyak model potongan dalam satu rancangan busana. Mirip seperti gaun Kate, bagian dalam gaun warna nude memberikan kesan seksi  yang dibalut lace di seluruh tubuh, dengan bagian bawah model fishtail. Namun, terlalu banyak tren yang diaplikasikan J-Lo dalam busananya, mulai fishtail, potongan one-shoulder, dan model leher tinggi.

Sarah Jessica Parker juga mengenakan lace dress saat tampil di red carpet seperti Kate. Namun, saat kebanyakan selebriti dunia memilih lace dress hitam atau warna cerah, Parker memilih lace dress one-shoulder warna putih. Feminin, namun tampaknya ia salah kostum. Busana pilihannya lebih cocok dikenakan di pesta pernikahan. Parker perlu belajar dari gaya lace dress Anne Hathaway yang tampil dengan busana ala retro berwarna off-white namun tak terlalu berkesan busana pernikahan.

Anda bebas mengeksplorasi model lace dress. Namun, busana yang menggunakan lace cenderung identik dengan kesan feminin, anggun dan elegan. Pesona lace tak lagi menggoda ketika dirancang model jumpsuit seperti yang dikenakan Stella McCartney.

Aturan berbusana juga berlaku saat mengenakan lace dress, yakni pilih warna yang sesuai dengan kulit tubuh. Lace dress warna ungu memang cocok untuk Katy Perry, sayangnya potongan menerawang di bagian paha hingga lutut kok terlihat mengganggu dan sama sekali tak menunjukkan kesan seksi jika itu yang ia cari.

Saat berbusana lace dress, Anda hanya perlu memilih potongan simpel karena lace itu sendiri sudah menonjolkan keanggunan, seperti gaya busana Scarlett Johansson dengan lace dress strapless warna hijau dan aksen ikat pinggang kecil yang mempercantik penampilannya.

Lain halnya dengan Gwyneth Paltrow yang tampil apik dengan lace dress tertutup, kecuali di bagian perutnya. Jika Anda memiliki perut rata dan kencang, gaya ini layak tiru. Gaya Emma Watson boleh jadi pilihan inspirasi busana lace berpotongan simpel, namun menambahkan unsur dramatis di bagian bawah rok dengan menambahkan bulu.

Gaya lace dress mana yang cocok untuk Anda?

Baca juga:
Trik Mengenakan "Lace Dress"
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com