Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya 15 Menit, Dapur Pun Bersih!

Kompas.com - 17/01/2012, 12:16 WIB

KOMPAS.com - Membersihkan dapur memang kewajiban Anda, karena di ruang inilah proses produksi nutrisi untuk seluruh anggota keluarga dimulai. Untuk membersihkan dapur, ternyata bisa bertahap tergantung berapa lama waktu yang Anda miliki.

Nah, bila Anda hanya memiliki waktu 15 menit, pembersihan dapur yang bisa Anda kerjakan adalah membersihkan meja dan wastafel. Caranya, Anda menyemprotkan keduanya dengan cairan disinfektan.

"Bila produk Anda tidak bisa mematikan bakteri dan virus sekaligus, cara ini dapat mematikan sementara waktu," kata Janice Stewart, pemilik Keepers Castle, sebuah layanan pembersihan di Chaleston, Carolina Selatan.

Bersih-bersih lainnya, Anda bisa menggosok bak cuci piring dengan spons dan air, lalu keringkan. Selain itu, Anda bisa melanjutkan kegiatan lainnya, yaitu menyapu dan mengepel lantai sampai kering. Ambil dan bersihkan kotoran agar kegiatan mengepel lebih efisien.

Jangan lupa, bersihkan juga pegangan lemari es dan lap permukaannya dengan cairan antibakteri. Jika ternyata memiliki waktu 30 menit, tambahkan beberapa kegiatan bersih-bersih lain, seperti membersihkan peralatan dapur yang lama tak dipakai. Ambil peralatan tersebut dari tempat penyimpanan dan bersihkan dengan mencuci atau sekedar mengelap.

Namun, jika waktu satu jam yang dimiliki, Anda bisa menambahkan kegiatan seperti mencuci kabinet atau rak penyimpanan. Usap dari atas ke bawah dengan spons yang lembut yang telah direndam air hangat dan sabun pencuci piring. Bila rak terbuat dari kayu, Anda bisa menggunakan pembersih kayu.

Terakhir, jika Anda memiliki waktu luang sampai setengah hari, maka padatkah kegiatan ini dengan menambah kegiatan membersihkan bagian dalam kulkas. Pembersihan ini bisa menggunakan larutan tiga sendok makan soda kue yang dicampur empat cangkir air hangat. Sebelumnya, keluarkan lebih dulu makanan di dalam kulkas dan letakkan di tempat bersih. Lalu, bersihkan kulkas dengan kain basah dan keringkan.

Nah, selamat bersih-bersih!

(Sumber: www.realsimple.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com