Pascaoperasi Hidung, Lebih Muda 1,5 Tahun?

Kompas.com - 17/01/2012, 13:32 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com Memiliki hidung pesek alias mancung ke dalam untuk sebagian orang mungkin sedikit memengaruhi tingkat kepercayaan diri. Namun, hal itu kini bukan lagi masalah karena dapat diatasi dengan operasi hidung atau biasa disebut rhinoplasty.

Riset terbaru menunjukkan, operasi hidung tidak hanya meningkatkan level kepedean dan penampilan seseorang, tetapi juga dapat membuat pasien tampak lebih muda rata-rata 1,5 tahun.

"Wajah memang terlihat lebih muda setelah menjalani sebuah operasi hidung. Ini sebuah kejutan menyenangkan yang sejalan dengan keberhasilan melakukan operasi," kata dr Ali Sepehr, ahli bedah plastik wajah dari OC Center untuk Facial Plastic Surgery di Irvine, California, Amerika Serikat.

Sementara itu, Kepala Divisi Bedah Plastik di George Washington University School of Medicine dr Michael Olding mengatakan bahwa operasi hidung tidak membuat pasien tampak lebih muda. Menurut Olding, tujuan operasi lebih untuk meningkatkan keselarasan antara hidung dan wajah.

Dalam riset tersebut, para peneliti meminta 50 orang (sebagai pengamat) untuk melihat foto sebelum dan satu tahun setelah operasi dari 53 pasien (41 orang di antaranya perempuan) yang telah menjalani operasi hidung. Lalu, pengamat diminta untuk memperkirakan usia pasien, yang antara 15-61 tahun. Rata-rata usia para pasien ini adalah 35 tahun.

Hasilnya, mereka yang telah menjalani operasi hidung ternyata terlihat 1,5 tahun lebih muda. Efek awet muda tersebut lebih jelas pengaruhnya bagi pasien yang berusia lebih tua ketimbang yang masih muda.

Kepala Divisi Operasi Plastik, Estetika, dan Rekonstruksi Universitas Miami Miller School of Medicine dr Seth Thaller mengatakan, operasi hidung mungkin diperlukan untuk memperbaiki bentuk hidung akibat cedera atau cacat agar tampak lebih menarik secara visual.

"Saya mencatat ada perubahan lengkap dalam persepsi diri pasien. Mereka akan merasa diri mereka jauh lebih baik. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengubah gaya rambut, pakaian, dan make up. Ini mungkin sebenarnya yang membantu membuat mereka tampil lebih muda," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.