Intip Rahasia Panjang Umur Orang Okinawa

Kompas.com - 18/01/2012, 14:26 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com Okinawa, sebuah pulau di Jepang, masyhur sebagai daerah yang memiliki jumlah centenarian (orang yang berusia 100 tahun atau lebih) terbanyak di dunia. Angka kejadian penyakit jantung, demensia, dan juga kanker di wilayah ini sangat rendah dibandingkan negara lain.

Apa rahasianya? Di Okinawa, mereka mempraktikkan hera hachi bu atau makan sampai 80 persen kenyang. Mereka tidak terbiasa makan berlebihan. Gaya hidup spiritual yang mereka lakoni, seperti dengan rutin berdoa dan bermeditasi, dipercaya mengurangi tingkat stres dan juga terkait dengan panjangnya usia mereka.

Sementara itu, rendahnya angka kejadian kanker di Okinawa disebabkan pola makan mereka tinggi serat. Mereka juga mengasup nasi, kedelai, buah-buahan, omega-3 yang bersumber dari ikan laut, serta jarang mengonsumsi daging merah dan susu.

Dukungan sosial dari lingkungan keluarga dan teman juga sangat kuat di sini. Para penduduk yang sudah berusia lanjut juga masih aktif dalam pergaulan. "Ikatan sosial yang kuat bukan hanya mengurangi stres, melainkan juga mencegah penyakit dan membuat panjang umur," kata Dan Buettner, seorang peneliti, mengenai panjang umur.

Buettner menggolongkan Okinawa sebagai salah satu zona biru di dunia. Zona yang memiliki penduduk berusia hingga 100 tahun dan tetap sehat itu termasuk Italia, Yunani, California, dan Kosta Rika.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.